Aktivitas Belajar

Oleh: FalahYu

Proses pelajaran yang baik hendaknva menempatkan peserta didik sebagai pencari ilmu sehingga perlu dibiasakan memecahkan dan merumuskan sendiri hasilnya (Johar, 2002:2). Intervensi dari orang lain diberikan dalam rangka memotivasi mereka. Perumusan atau konseptualisasi juga dilakukan oleh peserta didik sendiri. Posisi guru dalam proses pelajaran bukan sebagai informator dan penyuap akan tetapi sebagai organisator program pelajaran, sebagai fasilitator bagi pelajaran peserta didik dan sebagai evaluator keberhasilan pelajaran mereka.

Menurut Poerwadarminta (2003:23), aktivitas adalah kegiatan. Jadi aktivitas belajar adalah kegiatan-kegiatan peserta didik yang menunjang keberhasilan belajar. Dalam hal kegiatan belajar, Rouseuau (dalam Sardiman 2004:96) memberikan penjelasan bahwa segala pengetahuan itu harus diperoleh dengan pengamatan sendiri, penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri baik secara rohani maupun teknis. Tanpa ada aktivitas, proses belajartidakmungkin terjadi.
Menurut Sardiman (2010:76) Aktivitas adalah aktivitas yang bersifat fisik maupun mental. Dalam kegiatan belajar kedua aktivitas itu harus selalu berkaitan. Dalam proses pelajaran diperlukan aktivitas, sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat untuk mengubah tingkahlaku (melakukan kegiatan). Tidak ada belajar bila tidak ada aktivitas. Hal tersebut menyebabkan aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting di dalam interaksi belajar mengajar. Sedang menurut Hamalik (2003:172) Aktivitas belajar diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik pada proses pelajaran, dimana peserta didik bekerja atau berperan aktif dalam pelajaran, dengan demikian peserta didik tersebut memperoleh pengetahuan, pengalaman, pemahaman dan aspek-aspek lain tentang apayang ia lakukan.

Belajar bukanlah proses dalam kehampaan. Tidak pula pernah sepi dari berbagai aktivitas. Tak pernah terlihat orang belajar tanpa melibatkan aktivitas raganya. Apalagi bila aktivitas belajar itu berhubungan dengan masalah belajar menulis, mencatat, memandang, membaca, mengingat, berfikir, latihan atau praktek dan sebagainya.

Sekolah merupakan salah satu pusat kegiatan belajar, sehingga sekolah merupakan sarana untuk mengembangkan aktivitas. Banyak jenis aktivitas yang dapat dilakukan oleh peserta didik di sekolah, tidak hanya mencatat dan mendengar. Dielrich dalam Sadirman (2005:101) menggolongkan aktivitas belajar peserta didik sebagai berikut:
a. Visual activities, misalnya: membaca, memperhatikan gambar, dan mengamati percobaan.
b. Oral activities, misalnya: merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, dan berdiskusi.
c. Listening activities, misalnya: mendengarkan diskusi dan penjelasan guru.
d. Writing activities, misalnya: menulis laporan, menulis pelajaran, dan menyalin.
e. Drawing activities, misalnya: menggambar atau membuat grafik.
f. Motor activities, misalnya: melakukan percobaan, bermain, dan berkebun.
g. Mental activities, misalnya: memecahkan soal, menganalisa, melihat hubungan, dan mengambil hubungan.
h. Emotional activities, misalnya: menaruh minat, merasa gembira, merasa bosan, dan berani.

Klasifikasi belajar seperti yang diuraikan, menunjukkan bahwa aktivitas di sekolah cukup bervariasi. Bila berbagai macam aktivitas tersebut dapat diciptakan di sekolah maka pelajaran akan menjadi lebih menarik dan peserta didik tidak akan merasa bosan, sehingga sekolah dapat menjadi pusat aktivitas belajar yang maksimal. Untuk itu diperlukan pemilihan strategi pelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik, sehingga aktivitas belajar peserta didik dapat berkembang, tidak hanya membaca dan menulis.

instrumen aktivitas belajarSumber Pustaka:

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s