Definisi Marketing dari Masa ke Masa

Oleh : FalahYu

cropped-header4.jpg

  1. Paul Terry Cerington (1920), marketing/pemasaran berfungsi sebagai pembentuk kontak
  2. AMA – American Marketing Association (Asosiasi Pemasaran Amerika) , 1937, marketing/pemasaran adalah kinerja aktivitas bisnis yang mengatur aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
  3. AMA – American Marketing Association (Asosiasi Pemasaran Amerika) , 1960, marketing/pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.
  4. Philip Kotler (1972), marketing/pemasaran terdiri atas semua aktivitas yang dirancang untuk menghasilkan dan memfasilitasi setiap pertukaran yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
  5. AMA – American Marketing Association (Asosiasi Pemasaran Amerika) , 1985, marketing/pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan bagi individual maupun organisasi
  6. W. Y. Stanton (1991:5), marketing/pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial
  7. Philip Kotler (2000), marketing/pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan produk yang bernilai dengan pihak lain.
  8. AMA – American Marketing Association (Asosiasi Pemasaran Amerika) , 2004, marketing/pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses mencipatakan nilai bagi para pelanggan serta mengelola relasi/hubungan pelanggan sedemikian rupa sehinggan memeberikan manfaat oraganisasi dan stakeholder.
  9. AMA – American Marketing Association (Asosiasi Pemasaran Amerika), 2004, marketing/pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.
  10. Kotler & Keller ([2006] 2008a: 6), manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
  11. Kotler dan Keller (2012:5), marketing/pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan ingin menciptakan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain.
  12. Kotler dan Armstrong (2014:27), marketing/pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.

Sumber :

Kotler,Philip, 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian, Jilid 2, Terjemahan, Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Management of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Armstrong G. 2014. Principles of Marketing, New Jersey: Prenice Hall

Wibowo, Lili Adi. 2015. Basic Marketing (Konsep Dasar Pemasaran), Materi PLPG 2015 bagi Guru Pemasaran SMK, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

William J. Stanton, 1991. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa Wilhelmus W. Bokowatun, Jakarta: Erlangga

Iklan

One thought on “Definisi Marketing dari Masa ke Masa

  1. Saya rasa itu pengertian marketing yang panjang lebar harus segera dibuat kesimpulan oleh penuisnya ataupun pembaca, coba silahkan buat kesimpulan tentang definisi atau pengertian marketing!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s