Belajar menjadi Pemimpin Kreatif di Zaman Now Melalui Pramuka

Dalam Kurikulum 13 Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah dengan alasan : 1).  dasar legalitasnya jelas yaitu UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka; 2) Pramuka mengajarkan banyak nilai, mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, hingga kemandirian.

Dalam Kurikulum 13 kegiatan Pramuka dibagi menjadi tiga: 1)  kegiatan wajib perkemahan setahun sekali, seperti kegiatan perkemahan sabtu minggu (persami) yang disertai penilaian secara umum. 2)  kegiatan rutin yang digerakkan oleh gugus depan dan bersifat sukarela. 3) kegiatan aktualisasi yang sifatnya wajib.

Apa itu Pramuka

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan  di Indonesia. Kata  “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Sejarah Pramuka secara mendunia bermula dari perkemahan di sebuah bukit Brown Sea, Inggris dalam tempo delapan hari pada 25 Juli 1907, muncul ide dari Lord Robert Baden Powell untuk mencetuskan Pramuka. Gagasan Letnan Jenderal dari Inggris tersebut direspon positif sehingga Pramuka menyebar hampir di seluruh dunia hingga berlabuh ke Indonesia.

Scout adalah istilah Pramuka yang diprakarsai Powell pertama kali di Inggris ketika itu. Disebut Scouting atau Scout Movement karena pada awalnya gerakan ini berupa pengembangan secara fisik, mental dan spiritual kepada para pemuda. Namun, gerakan ini tidak seperti mengembleng pemuda yang ingin masuk ke dunia militer, meski Powell merupakan seorang tentara.

Ide Powell mencetuskan Pramuka mendapatkan respon positif di beberapa negara Eropa, termasuk Belanda yang ketika itu menjajah Indonesia.

Belanda menyebut Padvinder sebagai gerakan Pramuka-nya. Pada saat penjajahan Belanda, mereka mengagas perlunya Indonesia dihadirkan Pramuka. NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda) inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Pramuka di Indonesia yang dideklarasikan Belanda.

Pada tahun 1917 untuk pertama kali berdiri sebuah organisasi Kepanduan Nasional di Kota Surakarta, dengan nama Javaanse Padvienders Organizatie (JPO). Organisasi Kepanduan Nasional Indonesia ini didirikan oleh Sri Mangkunegara VII, seorang nasionalis, aktivis Pergerakan Nasional yang pernah diangkat menjadi Presiden Budi Utomo tahun 1915/1916 membawahi 40 cabang di seluruh Indonesia, seta pernah dipercaya sebagai pelindung Jong Java selama 11 tahun, sampai Jong Java melebur menjadi Indonesia Muda tahun 1928.Setelah JPO, lahir  berbagai organisasi kepanduan seperti JJP Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nasional Islamitisch Padvindery, SIAP (Serikat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon) dan banyak lagi yang lain. Semua Organisasi kepanduan tersebut dilahirkan oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional pada masa penjajahan Belanda. Dengan demikian Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia pada masa penjajahan merupakan persemaian lahir dan berkembangnya NASIONALIS-NASIONALIS MUDA yang kuat rasa kebangsaannya.

Pasca-kemerdekaan, KH Agus Salim yang ketika itu menjadi Menteri Luar Negeri Kabinet Amir Sjarifuddin merubah nama Padvinder menjadi Pandu atau Kepanduan sehingga kemudian lahirlah Pramuka di Indonesia.

Pramuka disyahkan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya.

Tanggal 20 Mei adalah hari Kebangkitan Nasional, namun bagi Gerakan Pramuka memiliki arti khusus dan merupakan tonggak sejarah untuk pendidikan di lingkungan ke tiga. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Permulaan Tahun Kerja.

Pramuka kemudian dikenalkan secara luas ke Indonesia pada 14 Agustus 1961 sehingga setiap tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai hari lahirnya Pramuka di Indonesia.

Bill Gates, Neil Amstrong dan Steven Spielberg Pernah Jadi Pramuka

Bill Gates itu adalah milyader yang mengotaki Microsoft. Bill Gates hampir setiap detik hadir di rumah kita, karena setiap komputer yang kita gunakan selalu mengandeng perusahaannya. Dulu Bill Gates muda adalah aktifis Pramuka Amerika, karenanya tidaklah mengherankan jika dia sangat kreatif dan sangat pandai memanfaatkan peluang dalam kehidupan.

Bill Gates mendapat penghargaan berupa “Bufalo Silver” (Banteng Perak) Tentunya kita tak akan ragukan lagi, pendidikan kepramukaan disamping mendunia bisa juga membuat orang bereputasi dunia.

Neil Amstrong adalah manusia penginjak bulan yang juga anggota pramuka Amerika, penerima penghargaan sebagai Pramuka “Eagle Scout” (Pramuka Garuda). Ini mengingatkan kita semua, ketika itu pertengahan bulan Juli 1969. Amerika mencatat keberhasilan, sebagai negara didaya yang sanggup menaklukan bulan. Ketika itu banyak Pin berlogo Apollo 11 dibagi-bagikan, bahkan banyak anak Sekolah Dasar memilki Pin itu.

Steven Allan Spielberg adalah seorang sutradara dan produser film ternama asal Amerika Serikat. Ia telah memperoleh tiga Penghargaan Oscar (Academy Award) serta satu Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup. Ternyata waktu sekolah aktif di Pramuka loh, dia rajin mengorganisasi teman untuk membat yel-yel, rupanya ini adalah salah satu modal dia jadi sutradara film.

Pada tahun 1958, ia mendapatkan tanda ‘pangkat’ fotografi pada kegiatan pramuka nya setelah mengerjakkan tugas membuat film amatir dengan durasi 9 menit yang berjudul The Last Gunfight. Pokok nya ia seperti tergila-gila pada dunia film. Bahkan, pada usia 16 tahun, ia sudah menciptakan film independen pertama nya yang berjudul Firelight. Film yang berdurasi 140 menit ini memakan biaya $500 (sekitar Rp. 5 juta,-) & diputar di bioskop setempat.

Tanya Jawab Pramuka

  1. T: Siapa bapak pandu sedunia?  J: Sir Robert Stephenson Smyth Baden Powell of Gilwell atau Lord Baden Powell of Gilwell
  2. T: Dimanakah kantor pusat biro kepanduan dunia? J : Jenewa , Swiss
  3. T: Organisasi apa yang menjadi latar belakang gerakan Pramuka. J: Boedi Oetomo
  4. T: Siapakah yang mencetuskan nama pandu atau kepanduan?  J:  KH. Agus Salim
  5. T: Apa kepanjangan dari Pramuka, J:  Praja Muda Karana
  6. T: Apa arti dari Kata Praja Muda Karana?. J: Orang Muda yang Suka Berkarya
  7. T: Tanggal berapa pramuka disahkan. J: 20 Mei 1961
  8. T: Kapan hari pramuka diperingati? J: 14 Agustus
  9. T: Tahukah tokoh aktivis Pramuka pendiri Microsoft? J; Bill Gates
  10. T: Sutradara film yang membuat film box office seperti Jurrasic Park, the ET yang juga aktif Pramuka di masa mudanya? J: Steven Allan Spielberg

Jadi untuk menjadi Pemimpin Kreatif di Zaman Now mulailah belajar  melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

Salam Pramuka !!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s