Jangan Ditutup Sekolahku

cropped-burgerone_header.jpgAdalah 10 universitas tertua seperti dikutip dari www.collegestats.org. Ini untuk kita ketahui saja bahwa dari dulu orang pingin pintar untuk kemajuan diri dan bangsanya:

  1. Universitas Al-Karaouine di Fes, Maroko. Awalnya, universitas ini adalah sebuah masjid yang didirikan pada tahun 859 oleh seorang wanita bernama Fatima al-Fihri.
  2. Universitas Al Azhar di Mesir, menempati urutan kedua sebagai universitas tertua yang didirikan pada 970-972.
  3. Universitas Nizamiyya. Universitas ini adalah satu dari sejumlah universitas yang didirikan oleh Khwaja Nizam Al-Mulk pada abad 11 di negara yang saat ini dikenal dengan Iran.
  4. Universitas Bologna.Universitas ini adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang didirikan di belahan dunia Barat pada tahun 1088, di Bologna, Italia.
  5. Universitas Paris. Proses belajar mengajar di universitas ini telah berlangsung sejak 1096.
  6. Universitas Oxford. Secara formal disebutkan dibangun pada tahun 1096. Universitas ini ini berkembang pesat sejak tahun 1167, saat Henry II melarang pelajar Inggris untuk belajar ke Universitas Paris.
  7. Universitas Montpelier di Montpelier, Prancis. Diyakini, usia universitas ini jauh lebih tua dari tanggal pendiriannya pada tahun 1150.
  8. Universitas Cambridge. Universitas berbahasa Inggris tertua kedua setelah Oxford. Universitas ini dibentuk oleh para sarjana yang meninggalkan Universitas Oxford selama terjadi sengketa tahun 1209.
  9. Universitas Salamanca di Salamanca, Spanyol yang didirikan pada 1218 dan memperoleh gelar “universitas” oleh Paus Alexander IV pada tahun 1225.
  10. Universitas Padua adalah universitas tertua kedua di Italia setelah Universitas Bologna yang didirikan pada tahun 1222.

Perlu diketahui bahwa Universitas Cambridge didirikan tahun 1209 sedang Kerajaan Majapahit yang  keren di sejarah kita berdiri tahun 1293. Majapahit itu baru berdiri 84 tahun setelah Universitas Cambridge didirikan. Jadi ksatria-ksatria jaman Majapahit itu saling beradu ilmu kanuragan, terbang-terbang di langit, naik kuda putih, dengan pukulan-pukulan dewa, di rentang waktu yang sama di Inggris sana, ada mahasiswa-mahasiswa yang sedang belajar di kelas, atau melakukan riset ilmiah untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

Bangsa kita memang ketinggalan, tapi apa yang terjadi jika tidak ada pendidikan. Jika sekolah sekolah tidak ada. Kita belajar siang malam, full day atau full night sampai nangis darah saja masih ketinggalan dengan negara lain apalalagi kalau tidak sekolah, tidak belajar.

Nah, belum lagi bangsa ini pernah dijajah oleh negara2 seperti:

  1. 1509 – 1595 M : Portugis hanya menjajah Maluku, dan berhasil diusir tahun 1595.
  2. 1521 – 1692 M : Spanyol hanya menjajah Sulawesi Utara, dan berhasil diusir tahun 1692.
  3. 1602 – 1942 M : Belanda menjajah seluruh Indonesia, dan berhasil diusir tahun 1942, tetapi datang kembali tahun 1945, setelah Jepang pergi dan tahun 1949 Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.
  4. 1806 – 1811 M : Perancis secara tidak langsung menguasai Jawa, karena kerajaan Belanda takluk pada kekuatan Perancis. Berakhir pada tahun 1811, saat Inggris mengalahkan kekuatan Belanda-Perancis di Pulau Jawa.
  5. 1811 – 1816 M : Inggris, Kapitulasi Tungtang adalah penjanjian berisi penyerahan Pulau Jawa dari Belanda kepada Inggris. Lalu pada tahun 1816, pemerintah Inggris resmi berakhir menguasai Indonesia.
  6. 1942 – 1945 M : Jepang menjajah Indonesia 3,5 tahun,dan berakhir pada 1945, sejak kekalahan Jepang kepada sekutu.

Dampak penjajajahan tidak hanya membuat bangsa ini menjadi miskin, sengsara dan terbelakang tetapi dampak terhadap mental bangsa kita masih terasa saat ini yaitu mental inlander. “Mental Inlander” cocok sebagai sebutan mental kaum terjajah. “Inlander” berasal dari bahasa Belanda yang berarti “Pribumi” atau “Masyarakat asli’. Wujud dari sindrom mental inlander yakni bangsa kita tidak percaya diri, tidak yakin dengan kemampuan sendiri, selalu menganggap bangsa lain lebih unggul, lebih bagus, lebih berpengalaman, dan lebih pintar. Belum lagi kita ini masyarakat yang suka di adu domba. Maka membuat semakin tidak PD saja kita ini jadi rakyat Indonesia.

Mari kita jadi guru pembelajar untuk membuat pintar siswa kita dan jangan punya ide untuk menutup sekolah atau minta sekolah ditutup. Jadi apa bangsa ini nantinya?.

Salam guru pembelajar dari https://falahyu.wordpress.com

Sumber :

10 Universitas Tertua di Dunia, diakses dari : http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/23/10261579/Ini.Dia.10.Universitas.Tertua.di.Dunia, tanggal 10/10/2015

University of Cambridge dan Kerajaan Majapahit, diakses dari : https://labanapost.com/2014/05/general/university-of-cambridge-dan-kerajaan-majapahit/, pada tanggal 10/10/2015

Sejarah Indonesia, diakses dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia , pada tanggal 10/10/2015

Syndrom Mental Inlander, diakses dari: http://guraru.org/guru-berbagi/syndrome_quotmental_inlanderquot_mental_kaum_terjajah/, pada tanggal 10/10/2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s